Posted by: humaskabtasik | April 25, 2008

Peringatan 1 Muharam 1429 H dan Peresmian Lapangan

Bupati Tasikmalaya Drs. H.T. Farhanul Hakim,M.Pd menghadiri acara peringatan 1 muharam 1429 H dan meresmikan lapangan Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa, hari senin (21/01). Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Unsur Muspida, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tasikmalaya, Asisten Administrasi Pembangunan, Camat dan unsur muspika Kecamatan Salopa, para Alim ulama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya antara lain mengatakan, dalam memperingati tahun baru islam, selain melakukan renungan (ikhtisab) atas apa yang telah kita lakukan, tentunya juga melakukan refleksi dan mencoba mengaktualisasikan kembali nilai-nilai dan semangat hijriyah dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Nilai-nilai dan semangat yang terkandung dalam peristiwa hijrah dapat dillihat dalam beberapa ayat suci Al-Qur’an dengan pemaknaan antara lain, sikap saling mencintai tanpa pamrih (ikhlas), mengutamakan kepentingan orang lain, sifat dermawan dan menghargai realitas keragaman (pluralisme). Perubahan dalam konteks hijrah ini, tidak mesti memperbaiki sesuatu tetapi untuk menjadi lebih baik, kita harus berubah. ” Semua kesuksesan adalah perubahan ”, meskipun tidak semua perubahan adalah kesuksesan.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, dalam konteks pembangunan, ada dua hal pokok yang satu sama lain saling melengkapi dan mengisi. Landasan pertama adalah puncak dari sistem sosial yaitu masyarakat. Landasan kedua adalah puncak dari sistem kepemimpinan yaitu pemerintah. Kedua landasan tersebut dalam alam demokrasi seperti saat ini memiliki kontribusi yang seimbang dan saling bergantung satu dengan yang lainnya.Begitu pula dengan tujuan pembangunan yang kita namakan ”visi”, tentu dibangun atas dasar kondisi riil masyarakat dan pandangan kepemimpinan kolektif pemerintah daerah. Artinya dengan kondisi dasar potensi masyarakat, pemerintah daerah tidak akan menetapkan sebuah tujuan yang mustahil untuk dicapai dan tidak terukur keberhasilannya. Demikian ditegaskan Bupati pada akhir sambutannya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: