Posted by: firmankrisnawan | April 30, 2008

KUNJUNGAN KERJA TIM PENILAI PHBS KB – KES PUSAT

Wakil Bupati Tasikmalaya H. Hidayat, SH., Ketua TP PKK Kab. Tasikmalaya Hj. M. Rohmiati Tatang FH beserta Wakil TP PKK Kab. Tasikmalaya Hj. Ai Hidayat dan anggota, Kadisduknakertrans & KB, Para Camat dan Unsur Muspika Kec. Sariwangi, Kepala Desa Sukaharja, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya, pada Hari Senin (24/03) di Kampung Cilingeur Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi Kab. Tasikmalaya menerima Tim Penilai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) KB. Kes pusat. Adapun rombongan Tim penilai yang dipimpin oleh Ibu Susi/Subeukti, beranggotakan Ibu Endang Intan (Promosi Kesehatan), Bapak Drg. Yusra (Promosi Kesehatan), Ibu Drg. Wiwit (Promosi Kesehatan), Ibu Endang Haryanto (Sekretaris Pokja IV Tim TP PKK Pusat).

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tasikmalaya H. Hidayat, SH. mengatakan, dalam pelaksanaan program keluarga berencana dan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya, peranan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) sangatlah besar manfaatnya dalam mendorong upaya peningkatan sumber daya manusia. Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya, antara lain bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam melaksanakan program keluarga berencana dan pembangunan kesehatan. Program keluarga berencana merupakan salah satu program pembangunan nasional yang strategis dalam peningkatan sumberdaya manusia potensial, keberhasilan program ini telah dirasakan baik di tingkat nasional maupun tingkat regional dalam upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk yang selaras, serasi dan seimbang dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Sesuai dengan ketentuan Undang-undang No. 10 tahun 1992 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera, pelaksanaan program keluarga berencana tidak hanya berorientasi pada pengendalian angka kelahiran guna mengendalikan laju pertumbuhan penduduk melalui kontrasepsi melainkan juga bertujuan meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Hal itu mengingat secara yuridis formal, terminologi keluarga berencana (KB) dimaknai sebagai upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui Pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Pembangunan kesehatan yang didalamnya program keluarga berencana merupakan salah satu indikator Indeks pembangunan manusia (IPM), disamping dua indikator lainnya yaitu Pendidikan dan Ekonomi yang selama ini dijadikan tolok ukur keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan nasional termasuk di Kabupaten Tasikmalaya. Lanjut H. Hidayat, SH.

Pada kesempatan yang sama pula Ketua Rombongan Tim Monitoring Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK Ibu Susi/Subeukti antara lain mengatakan, pencetus kegiatan kesatuan gerak PKK –KB KES pertama kali dilakukan oleh Ibu Yogi S. Memet dan ditindak lanjuti sampai sekarang, adapun maksud kedatangan kami ke lokasi adalah untuk melakukan pengecekan terhadap laporan yang masuk pada kami dan betul-betul dilaksanakan. Dari 33 Propinsi (420 Kab/Kota, sekitar 8000 Kecamatan dan kurang lebih 60.000 Desa) yang ada di Indonesia, hanya 12 Propinsi yang masuk menjadi nominator. Dan dari Propinsi Jawa Barat untuk tingkat Kabupaten diraih oleh Kabupaten Tasikmalaya khususnya Kampung Cilingeur Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya. Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat akan berkompetisi dalam PHBS Kategori Kabupaten di tingkat Nasional dengan Kabupaten lainnya, yaitu : dari Jambi (Kab.Batang hari), Jawa Tengah (Kab. Cilacap), Propinsi Sumatera Selatan (Kab. Ogan Omering Ulu Selatan), Propinsi Bali (Kab. Tabanan) dan Propinsi Lampung Utara.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: