Posted by: firmankrisnawan | April 30, 2008

Pembukaan Porsivitas Kabupaten Tasikmalaya

Pembukaan Porsivitas Kab. Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd membuka secara resmi Pekan olah raga, seni, prestasi dan kreativitas siswa (PORSIVITAS)Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (23/4) di Stadion sepak bola Dadaha Tasikmalaya dengan ditandai penekanan tombol sirine dan pelepasan balon. Hadir pada acara tersebut unsur Muspida Kabupaten Tasikmalaya, Wakil Bupati Tasikmalaya, anggota DPRD Kab. Tasikmalaya, para Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tasikmalaya serta para atlet peserta Porsivitas.

Dalam sambutannya Bupati Tasikmalaya mengatakan pendidikan itu bersifat holistik, artinya melalui proses pendidikan seluruh potensi peserta didik dikembangkan secara simultan, terpadu, dan harmonis. Pendidikan tidak hanya mengembangkan otak kiri yang berupa kemampuan intelektualitas dan berfikir logis, tetapi sekaligus mengembangkan otak kanan, yakni kemampuan untuk berimajinasi, berkreasi, berekspresi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kemanusiaan.

Lebih lanjut Bupati Tasikmalaya mengatakan kegiatan porsivitas ini hakikatnya memiliki 3 nilai substansi yang akan diterapkan kepada anak-anak didik kita yaitu, logika, etika, dan estetika. Logika yang artinya para peserta akan dibekali kemampuan dan semangat untuk belajar berkompetisi secara sehat untuk meraih prestasi. Etika artinya porsivitas melatih peserta didik untuk belajar bersikap sportif dan bertanggungjawab, menjalin silaturahmi antar siswa, sehingga tertanam rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Estetika artinya porsivitas melatih anak-anak untuk belajar berekspresi sekaligus belajar mengapresiasi karya seni.

Di akhir sambutannya Bupati berpesan kepada anak-anak sekolah agar meningkatkan semangat belajar supaya menjadi generasi yang berprestasi di masa depan, biasakan belajar atas dorongan dari dalam diri sendiri, bukan karena disuruh guru atau orang tua dan dapat mengajak teman-temannya yang tidak bersekolah untuk kembali ke sekolah.

Bupati Tasikmalaya berharap melalui kegiatan ini mudah-mudahan kita semua, khususnya para siswa mampu menarik hikmah dan menyalurkan kemampuan, bakat serta minatnya di bidang olah raga, seni dan juga bidang kreativitas lainnya.

Pada kesempatan yang sama Engkus Kusnadi selaku panitia melaporkan kegiatan porsivitas tahun 2008 ini merupakan akumulasi kegiatan lomba, olimpiade, festival dan atau kompetisi kependidikan skala nasional, regional dan lokal dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2008 dan berlangsung selama 8 hari, dari tanggal 23-30 April 2008 yang dipusatkan di komplek Dadaha. Diikuti oleh 2247 atlet/peserta dari 39 kecamatan, dengan jumlah official 986 orang, serta unsur pembina lainnya berjumlah 4200 orang.

Acara pembukaan Porsivitas di akhiri dengan defile kontingen dari masing-masing kecamatan peserta porsivitas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: