Posted by: firmankrisnawan | April 30, 2008

Rapat Koordinasi Kepala Desa Se-Kabupaten Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa Se-Kabupaten Tasikmalaya, hari rabu (19/09) di pendopo. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD beserta anggota, unsur muspida, para asisten, para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, para camat, serta para kepala desa se-Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam laporannya Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tasikmalaya Hery Bimantoro R., S.H. mengatakan tujuan diadakannya rakor ini agar perkembangan situasi penyelenggaraan pemerintahan desa dapat dipahami oleh para kepala desa sehingga kepala desa dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, juga kepala desa dapat bersilaturahmi satu dengan yang lainnya. Peserta rapat terdiri dari Kepala desa, camat, kepala SKPD tingkat Kabupaten, TP PKK, Dharma wanita persatuan, Komisi I DPRD.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tasikmalaya mengatakan penyelenggaraan rakor ini sangat penting dilaksanakan karena sebagian aspek dari pembangunan manusia yang maju dan sejahtera dapat diukur dengan indikator outcome pembangunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM menyajikan ukuran kemajuan pembangunan yang lebih menyeluruh daripada ukuran tunggal pertumbuhan ekonomi. Melalui rapat koordinasi atau pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa bagi kepala desa ini adalah merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan program dan kebijakan pemerintah daerah dalam mencapai visi dan misi serta target IPM yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut Bupati mengatakan kegiatan ini juga sebagai forum untuk bersilaturahmi dan dijadikan bekal bagi para kepala desa dalam melaksanakan kewajiban untuk meningkatkan kinerja dalam mengayomi dan melayani masyarakat di masing-masing desa, baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam upaya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan masyarkat desa sebagai unit pemerintahan terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat perlu didukung dana untuk melaksanakan tugas-tugasnya di bidang pemerintahan maupun pembangunan. Kepala Desa harus bersama-sama membangun dan bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, membina kehidupan masyarakat, membina perekonomian, memelihara ketentraman dan ketertiban dalam pelaksanaannya harus bersikap adil. Berkenaan dengan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan berlangsung tanggal 13 april 2008 menghimbau kepada para kepal desa agar dapat mensosialisasikannya kepada masyakat, kesempatan baik ini tidak boleh dilewatkan karena ini merupakan wujud andil masyarakat dalam proses pembangunan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: