Posted by: firmankrisnawan | May 15, 2008

PELANTIKAN KEPALA DESA

Dalam nuansa otonomi desa saat ini, para kepala desa bersama BPD harus mampu menjadi pemersatu ummat dengan tidak mementingkan kelompok atau golongan tertentu oleh karena kepala desa dan BPD telah menjadi milik bersama masyarakat, sehingga pada akhirnya diharapkan terciptanya persatuan dan kesatuan ummat yang memiliki kekuatan besar sebagai modal dasar untuk melaksanakan berbagai aktifitas pembangunan. Demikian dikatakan Wakil Bupati Tasikmalaya H. E. Hidayat, SH. pada sambutannya dalam acara pengambilan sumpah dan pelantikan kepala desa dan penjabat kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya, hari rabu (14/05) di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya. Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, unsur Muspida Kabupaten Tasikmalaya, Sekretaris Daerah dan para Asisten, para kepala Dinas/Badan/Lembaga Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tasikmalaya,para Camat, Kepala Desa, BPD dan PPK, para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Selanjutnya Wakil Bupati menegaskan bahwa pemegang jabatan kepala desa boleh berganti tapi jabatan kepala desa tetap berjalan, oleh karena itu apabila terjadi pergantian pemegang jabatan kepala desa maka segala barang inventaris dan kekayaan desa beralih kepada pemegang jabatan kepala desa yang baru. Kemudian kepada para kepala desa yang baru untuk tidak serta merta merubah atau mengganti perangkat desa apalagi sekarang sudah terbit Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2007 tentang perangkat desa, yang nantinya setelah ditindaklanjuti dengan juklak dan juknisnya dapat dijadikan dasar oleh para kepala desa apabila bermaksud menata perangkat desa.

Lebih lanjut Wakil Bupati Tasikmalaya mengharapkan para penjabat kepala desa agar dapat melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di tingkat desa juga ada beban pokok bagi penjabat kepala desa yaitu bersama-sama BPD untk segera menyelenggarakan pemilihan kepala desa sehingga dalam tempo satu tahun masa jabatan penjabat kepala desa dapat mewujudkan kepala desa yang definitif, demikian ditegaskan wakil bupati dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Heri Bimantoro, SH., MH. Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tasikmalaya melaporkan, Kepala desa yang dilantik merupakan hasil pemilihan dari bulan januari sampai dengan bulan mei 2008, berjumlah 26 calon kepala desa hasil pemilihan dan 2 orang calon penjabat kepala desa. Dari sebanyak 26 calon kepala desa terpilih yang dilantik, 20 orang pertama kali menjadi kepala desa, 6 orang merupakan periode kedua. Terdiri dari 27 orang laki-laki dan 1 wanita. Seluruh calon kepala desa yang akan dilantik baik secara normatif maupun mental telah siap dan mudah-mudahan dalam melaksanakan kegiatan memimpin desanya dapat sesuai dengan harapan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, harapan masyarakat dan harapan peraturan perundang-undangan.


Categories

%d bloggers like this: