Posted by: humaskabtasik | May 26, 2008

Kunjungan Kerja Tim Penilai Kinerja Kecamatan Tingkat Propinsi Jawa Barat

Wakil Bupati Tasikmalaya H. E. Hidayat, SH, Para Asisten Sekda, Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ketua Komisi I Hj. T. Widarsih, para Kepala SKPD, para Camat, Unsur Muspika Kecamatan Manonjaya, para Kepala Desa, para Kader PKK, Alim ulama, Tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya, pada hari Jumat (23/05) menerima kunjungan kerja Tim Penilai Kinerja Kecamatan Tingkat Propinsi Jawa Barat yang berjumlah 7 orang, bertempat di Kantor Kecamatan Manonjaya.

Pada kesempatan tersebut H. E. Hidayat, SH mengatakan, saya sangat menyambut baik dengan adanya penilaian sinergitas kecamatan dalam menunjang akselerasi pencapain IPM Jawa Barat 2010, sebab kecamatan sebagai unsure perangkat daerah terdepan bersama pelaksana teknisnya dan terevaluasi dengan baik sehingga dapat kita temukan kelebihan dan kekurangannya yang yang selanjutnya tentu saja apa yang kita harapkan yaitu meningkatnya kinerja kecamatan untuk meningkatkan kesehateraan masyarakat didaerahnya masing-masing. Oleh sebab itu, momen penilaian ini harus dimanfaatkan oleh semua pihak khususnya kecamatan Manonjaya maupun para Camat se- Kabupaten Tasikmalaya yang pada saat ini turut hadir untuk dapat mngambil contoh, baik dari kecamatan Manonjaya maupun petunjuk dari tim penilai, karena saya mengharapkan penilaian ini lebih merupakan salah satu kegiatan pembinaan untuk mengetahui sejauh mana keterpaduan dan sinergitas perangkat di tingkat kecamatan juga pasrtisipasi aktif masyarakat dalam melaksanakan berbagai program untuk akselerasi pencapaian target IPM Jawa Barat 2010.

IPM Kabupaten Tasikmalaya sejak tahun 2001 sampai dengan tahun 2007 selalu mengalami kenaikan, pada tahun 2001 IPM Kabupaten Tasikmalaya sebesar 58,73 dan pada tahun 2007 sudah mencapai 70,70. Khusus untuk IPM bidang Pendidikan pada tahun 2007 sudah mencapai 82,38 berarti sudah melebihi target IPM Jabar yaitu 80, Indek Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya pada tahun 2007 sebesar 69,6 dan Indek Daya Beli sebesar 59,84 sehingga saat ini yang menjadi tantangan terbesar adalah meningkatkan Indek Daya Beli yang lebih rendah dari komponen lain pendukung IPM. IPM Kecamatan Manonjaya pada saat ini melebihi rata-rata IPM Kabupaten Tasikmalaya yaitu 73,44 dan termasuk 3 besar untuk Tingkat Kabupaten setelah Singaparna dan Ciawi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai Drs. H. Aming Haryana, M.Si (Sekretaris Bakorwil Priangan) yang pada saat ini Bakorwil Priangan sudah berkembang menjadi 10 Daerah yaitu 6 Daerah Kabupten dan 4 Daerah Kota. Beranggotakan : 1. Drs. Mohammad Edi Junaedi (Kabid Pemerintahan Bakorwil Priangan, 2. Drs. Dadang Sofyan, S, M.Pd(dari Disdik Jabar), 3. Dra. Daryatmi (Dinkes Jabar), 4. Ading Ja’ih, SE, MM(Dinas Koerasi dan UKM Jabar), 5. Mahfud dan Hj. Ateu Sahtiar (dari Biro Desentralisasi Setda Prop. Jabar).

Ketua Tim Penilai Drs.H. Aming Haryana, M.Si mengatakan mengenai penilaian ini terjadi kaeran adanya kesepakatan antara Para Bupati/Walikota dengan Pemprop Jabar mengenai akselerasi di bidang IPM. Yang menjadi penilaian sesuai dengan Peraturan Gubernur nomor 27 tahun 2008 ada 4 parameter yaitu, Parameter Pendidikan. Kesehatan, dan Perekonomian Masyarakat serta bagaimana semua itu nisa sejalan dengan partisipasi masyarakat. Penilaian parameter kepemimpinan tidak hanya dilakukan pada Camat saja tetapi juga kepada pemimpin-pemimpin sector pendidikan, kesehatan maupun perekonomian.

Drs. . H. Aming Haryana, M.Si juga menyampaikan amanat Gubernur Jabar yang antara lainmengatakan, penyelenggaraan penilaian sinergitas Kecamatan diselenggarakan 2 tahun sekali, yang pertama dilaksanakan pada tahun 2006 dan saat ini telah memasuki tahap penilaian ke 2. Oleh karena itu penilaian sinergitas kinerja kecamatan tahun 2008 akan lebih baik dari tahun sebelumnya, melalui sinergitas kinerja kecamatan tahun ini diharapkan Prop Jabar akan memperoleh gambaran Integrativ, Eksploratif, serta sinergis terhadap upaya yang telah dan tengah dikembangkan kecamatan terhadap peningkatan IPM Kabupaten/Kota di daerahnya masing-masing. Sinergi Konsep penguatan peran kecamatan dengan implementasi kinerja yang dikoordinir Camat diharapkan akan memperkukuh pelaksanaan program dan kegiatan yang langsung menyentuh agenda peningkatan IPM Jabar sesuai target yang dicanangkan pada tahun 2010 mendatang sekaligus hal tersebut akan menjadi sebuah pengayaan bagi program Pemerintah Daerah yang berbasis kompetitif sebagaimana hal ini telah kita kembangkan melaui program pendanaan kompetitif.

Penilaian Sinergitas Kinerja kecamatan lebih difokuskan terhadap 2 aspek yaitu :

1.       Berkaitan dengan komitmen Pemerintah Daerah dalam memperkuat kedudukan dan peran Kecamatan dalam mensukseskan program dan kegiatan Pemerintah Daerah.

2.       Berkaitan dengan inovasi dan kreatifitas Kecamatan dalam membangun dan mewujudkan sinergitas kinerja IPM di daerah kerjanya.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: