Posted by: humaskabtasik | May 29, 2008

Pelantikan Kompepar Kabupaten Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Drs. H.T. Farhanul Hakim, M.Pd yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Asep A Djaelani, MM melantik Kelompok Penggerak Pariwisata (KOMPEPAR) Kabuyutan Nagaratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 33 orang sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tasikmalaya nomor 556/Kep. 145- Kanpar/2008 Tentang Pembentukan Kelompok Penggerak Pariwisata (KOMPEPAR) Kabuyutan Nagaratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya, pada Hari Selasa, tanggal (27/05) yang bertempat di GOR/desa Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Hadir pada acara tersebut anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat, Kepala Kantor PAriwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya beserta jajarannya, Camat dan unsure Muspika Kecamatan Cineam, Para Kepala Desa, Para Ketua Padepokan, dan sanggar seni Se-Kecamatan Cineam, Alim Ulama. Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, para seniman dan budatawan serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Drs. H. Asep A Djaelani, MM membacakan sambutan tertulis Bupati Tasikmalaya yang antara lain mengatakan, Kabupaten Tasikmalaya yang luasnya sekitar 2.712 km2 dan berpenduduk sekitar 1,8 juta jiwa, memiliki sejumlah potensi sumber kehidupan yang berlimpah. Kita memiliki gunung-gunung yang rimbun, hamparan sawah yang luas, sungai-sungai yang terus mengalir, serta laut dan pantai yang neyediakan aneka sumber kehidupan dimana semua itu adalah anugerah Alloh SWT yang wajib kita syukuri. Salah asatu potensi atau sumber daya kehidupan yang kita miliki adalah potensi pariwisata dan budaya, kita memiliki sejumlah alam pegunungan yang indah, air terjun yang mempesona, serta hamparan pantai dan laut lepas yang memikat hati siapapun yang memandangnya, disamping itu kita memiliki keanekaragaman seni-budaya tradisional yang khas dan unik sebagai refleksi atau perwujudan dari kultur masyarakat kita. Sebagian keindahan alam dan kunikan budaya tersebut terdapat di Kecamatan Cineam perlu ditingkatkan.

Mengingat banyaknya potensi pariwisata dan budaya, maka salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya adalah mengembangkan sektor pariwisata dan budaya secara bertahap dan berkesinambungan. Tujuan utamanya bukan sekedar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melainkan untuk lebih meningkatakan pengembangan kawasan dan sekaligus meningkatakan pemberdayaan ekonomi masyarakat. KOMPEPAR merupakan perwujudan dari kesadaran masyarakat yang secara sukarela membantu pengembangan pariwisata, terutama pada upaya penerapan serta pesona dan pengembangan sikap sadar wisata yang salah satunya meningkatkan Sikap Someah Hade Ka Semah.

Pada kesempatan itu pula Drs. H. Asep A Djaelani menyerahkan Surat Keputusan Bupati Tasikmalaya pada Ketua Kompepar Kabuyutan Nagaratengah Kecamatan Cineam Agus Mulyana, dan dari Ketua KOMPEPAR Kabuyutan Nagaratengah Kecamatan Cineam Agus Mulyana menyerahkan cinderamata kepada Sekretaris Daerah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: