Posted by: humaskabtasik | January 28, 2010

KUNJUNGAN KERJA BUPATI FAKFAK (PAPUA)

Rabu, (21/01/2010) bertempat di Gedung Aula Putih Pendopo, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Djedje Suhendi, ST, M.Si, Kepala Dinas KOPERINDAG Drs. Iin Aminudin, M.Si, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Tasikmalaya Hj Ai Hidayat beserta anggota dan OPD terkait dilingkup Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menerima kunjungan Bupati Kabupaten Fakfak DR. Inahidin Puarada, M.Si, Ibu Asisten I Kabupaten Fakfak Wijayanti Waluyo Sejati beserta rombongan PKK yang berjumlah 15 orang untuk mengikuti “magang” keterampilan anyam-anyaman di Kabupaten Tasikmalaya selama 1 minggu dari tanggal 22 Januari s/d 28 Januari.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Fakfak DR. Inahidin Puarada, M.Si, mengatakan, ibu-ibu PKK Kabupaten Fakfak sejak tahun pertama saya memimpin sangat luar biasa membuat gerakan-gerakan yang saya sendiri juga kagum, dan kedatangan kami kesini juga merupakan satu strategi untuk membuat rakyat kami menjadi sejahtera dengan sistem pendampingan. Kami juga Mengharuskan semua masyarakat Kabupaten Fakfak tinggal di rumah yang layak menurut rakyat, bukan layak menurut Pemerintah yaitu memiliki standar bangunan diantaranya rumahnya di beton, keramik dan pasang flafon. Alhamdulillah sekarang sudah 97% semua rakyat Kabupaten Fakfak sudah memiliki rumah yang layak dan membangun ekonomi dirumahnya dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki. Dan saya berharap ada pelatihan/training dari pengrajin Tasikmalaya untuk masyarakat Kabupaten Fakfak minimal 3 bulan.

Lebih lanjut DR. Inahidin Puarada, M.Si, mengatakan, Maksud dari kunjungan ini tiada lain untuk mempererat tali silaturahmi dalam satu Negara kesatuan Republik Indonesia dari waktu kewaktu semakin menghujam dalam hati kita semua yang berbangsa Indonesia dan semakin mengetahui bahwa ternyata Indonesia itu memiliki beragam warna dan corak suku bangsa, saya titip ibu-ibu kami disini untuk mendapat bimbingan dan ilmu pengetahuan yang banyak dalam  keterampilan anyam-anyaman.

Pada kesempatan yang sama sambutan Bupati Tasikmalaya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Djedje Suhendi, ST, M.Si, antara lain mengatakan, potensi industry kecil dan menengah di Kabupaten Tasikmalaya saat ini memiliki 330 sentra, 10.937 unit usaha yang menyerap tenaga kerja 111.131 orang serta nilai investasi mencapai Rp. 89 Milyar lebih. Potensi industry kecil dan menengah tersebut termasuk industry kecil bambu, pandan dan mendong,

  1. Industry kecil bambu memiliki 35 sentra 1338 unit usaha dan menyerap tenaga kerja 15.899 orang serta nilai investasi mencapai Rp. 3 Milayar 900 Juta lebih,
  2. Industry kecil pandan memiliki 16 sentra 670 unit usaha dan menyerap tenaga kerja 14.206 orang serta nilai investasi mencapai Rp. 3 Milyar 300 Juta lebih,
  3. Industri kecil mendong memiliki 20 sentra 1.483 unit usaha dan menyerap tenaga kerja  6.829  orang serta nilai investasi mencapai Rp. 2 Milyar 800 Juta lebih.

Produksi industry kecil kerajinan Kabupaten Tasikmalaya telah mampu memasuki pasar luar negeri baik melalui eksportir langsung dari pengusaha yang ada di Kabupaten Tasikmalaya maupun melalui eksportir dari luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan lain-lain. (E-75)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: