Posted by: humaskabtasik | April 20, 2010

Kunjungan Wakil Menteri Pertanian RI Dalam Rangka Panen Padi Organik di Kelompoktani Surakatiga III Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd  dan Wakil Bupati Tasikmalaya H. E. Hidayat, SH menerima kunjungan Wakil Menteri Pertanian RI   DR. Ir. Bayu Krisnamurthi, MS pada acara di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik pada hari Selasa (06/04). Wakil Menteri Pertanian beserta rombongan disambut Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati beserta Wakil Bupati Tasikmalaya, Wakil Menteri Pertanian RI DR. Ir. Bayu Krisnamurthi, MS, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat Ir. Luki Ruliansah, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Assisten Daerah Perekonomian dan pembangunan drh. H. Budi Utarma W, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya Ir. Henry Nugroho, MP, Muspika Kecamatan Sukaresik, Pengurus dan Anggota kelompoktani Sukaratiga III, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan penerimaannya Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd  mengatakan Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi lahan seluas 268.080 HA, terdiri dari lahan sawah 49.506 HA dan lahan bukan sawah 218.584 HA. Program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Tasikmalaya diimplementasikan melalui pengembangan usaha padi organik yang telah kami rintis sejak tahun 2002 dan saat ini dijadikan sebagai program unggulan Kabupaten Tasikmalaya. Bupati Tasikmalaya menambahkan melalui upaya tersebut, Alhamdulillah selama dua tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2007 dan tahun 2008, Kabupaten Tasikmalaya telah mampu meningkatkan produksi beras di atas 5 % sehingga mendapat penghargaan dari Presiden RI selama dua tahun berturut-turut. Demikian pula pada tahun 2009, berdasarkan angka sementara produksi padi Kabupaten Tasikmalaya dapat mencapai 749.855 ton, sehingga meningkat sebesar 11,74 % disbanding produksi padi tahun 2008 sebesar 662.983 ton.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan pengembangan padi organik di Kabupaten Tasikmalaya dilandasi oleh pengalaman bahwa budidaya SRI organik memiliki keunggulan ekonomis, ekologis dan sosial dengan berlandaskan pada kearifan lokal,nilai-nilai luhur usahatani,kemandirian, keberlanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan. Konsep tersebut sesuai dengan visi Kabupaten Tasikmalaya yaitu “ Kabupaten Tasikmalaya yang religius/islami sebagai Kabupaten yang maju dan sejahtera serta kompetitif dalam bidang agrobisnis di Jawa barat tahun 2010.

Berdasarkan pengalaman selama ini Bupati menuturkan bahwa apabila SRI organik dikelola dengan baik maka tingkat produktivitas yang di peroleh rata-rata bisa mencapai 65-90 kw/ha, bahkan secara kasuistis ada yang dapat mencapai 120 kw/ha. Selanjutnya, peningkatan pendapatan petani harus diupayakan melalui dua aspek, yaitu aspek produktivitas dan aspek pasar. Peningkatan produktivitas saat ini telah dapat dicapai, sedangkan dari aspek peningkatan harga jual kami laksanakan melalui upaya peningkatan kinerja pasar padi organik.

Dalam rangka peningkatan kinerja pasar padi organik, telah dilaksanakan sertifikasi organik oleh lembaga sertifikasi internasional yaitu Institute For Maketecology (IMO). Melalui kerjasama gabungan kelompoktani (GAPOKTAN) simpatik Kabupaten Tasikmalaya dengan PT. Bloom Agro Jakarta, telah dilaksanakan sertifikasi organik di 28 kelompoktani yang terbesar di 8 kecamatan yang meliputi petani pelaksana SRI sebanyak 2.333 orang dengan luas areal 320,33 ha. Kegiatan sertifikasi dilaksanakan untuk mendapatkan legitimasi formal produk organik sebagai salah satu syarat ekspor pangan organik.

Diakhir acara Bupati Tasikmalaya menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya mendukung dan memfasilitasi pengembangan SRI organik sehingga diharapkan akan mampu mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk meningkatkan ketahanan pangan menuju ekspor sekaligus mampu mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya sebagai salah satu lumbung pangan organik di Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut diacarakan pula panen raya yang dilakukan oleh Bupati Tasikmalaya dan Wakil Menteri Pertanian RI beserta rombongan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: