Posted by: humaskabtasik | June 7, 2010

SOSIALISASI HIV/AIDS DAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Wakil Bupati Tasikmalaya H. E. Hidayat, SH, MH., membuka secara resmi Sosialisasi HIV/AIDS dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada kegiatan Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi KIE Konseling dan Kampanye Sosial Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Selasa (11/05/2010) bertempat di Aula GDI Desa Mandalahayu Kecamatan Salopa.

Hadir pada kesempatan tersebut Unsur Muspida, Camat dan Unsur Muspika Kecamatan Salopa, Kepala UPTD Pendidikan, TKSM, Pengurus PKK, Pengurus BKMM, Para Kepala Sekolah SMP/Sederajat, Kepala Sekolah SMA/Sederajat, pengurus OSIS SMA, Perwakilan Organisasi Mahasiswa, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Para Siswa/Siswi Pelajar, serta Stekholder terkait.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tasikmalaya H. E. Hidayat, SH, MH., antara lain mengatakan, kita ini sadar atau tidak sadar merupakan bagian dari pembangun peradaban, pemelihara peradaban, penjaga peradaban, mempunyai tanggung jawab yang sama sebagai umat manusia, sebagai bagian dari komunitas manusia, sebagai warga bangsa dan sebagai warga Tasikmalaya, Kita harus mampu mencegah setiap perilaku yang membahayakan kelestarian peradaban yang sehat yaitu peradaban yang tidak menyimpang dari kaidah-kaidah norma agama dan kaidah-kaidah norma Negara, bahkan tidak menyimpang dari kaidah-kaidah norma adat/ kebiasaan baik sebagai pribadi ataupun sebagai suatu komunitas, kita ini memiliki tanggungjawab itu.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, Didalam Al-Qur’an kita diperintahkan untuk “Menjaga diri kamu dan keluarga kamu dari peradaban yang menyimpang” dan perintah Alloh SWT “Hendaklah ada diantara kalian segolongan umatun yang mengajak berislam, mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari perbuatan-perbuatan yang munkar/menyimpang dari peradaban itu”, peradaban yang menyimpang antara lain membiarkan anak kecil merokok atau dengan pepatah “Ulah nyaah dulang” semua keinginannya dipenuhi tanpa diarahkan yang mengakibatkan anak-anak kita terlibat pada penggunaan narkoba, HIV/AIDS, Pandalisme dan Kriminal.

Wabup juga mengajak kepada para agnia, tolong Bantu penyalahgunaan narkoba dengan pola seperti orang Italia dan Thailan (Golden Triangle) yaitu merubah ladang opium menjadi perkebunan Teh, Kopi dan bunga atas stimulasi dari masyarakat. Mari kita kerjasama untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba secara bersama-sama sesuai dengan kutipan buku Anang Iskandar yang berbunyi “Kecurigaan hanya menimbulkan kebencian, Persenjataan hanya menimbulkan perlawanan, dan Hati ternyata harus diperhatikan dengan hati”, karena pembinaan generasi penerus kita diawali dari dalam keluarga kita sendiri.

Pada kesempatan yang sama Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kependudukan dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya Sri Yulia, S.Sos, MM., mengatakan, maksud dan tujuan Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi KIE Konseling dan Kampanye Sosial Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), adalah :

  1. Meningkatkan wawasan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya HIV/AIDS dan Narkoba
  2. Meningkatkan keterpaduan penanganan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat
  3. Memfasilitasi dan mendorong secara aktif upaya penanganan yang telah dilakukan oleh berbagai organisasi masyarakat dalam penanganan HIV/AIDS dan Narkoba

Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi KIE Konseling dan Kampanye Sosial Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini merupakan perwakilan dari 10 Kecamatan diantaranya ; Kecamatan Salopa, Pancatengah, Gunungtanjung, Cikatomas, Jatiwaras, Cineam, Manonjaya, Karangjaya, Sukaraja dan Cibalong. (E-75)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: