Posted by: humaskabtasik | April 13, 2011

ORIENTASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA BAGI TENAGA PENGGERAK DESA / KELURAHAN SE-JAWA BARAT

Bupati Tasikmalaya H. U. Ruzhanul Ulum, SE yang diwakili oleh Asisten perekonomian dan pembangunan Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Adang Karyaman menghadiri acara Kegiatan Orientasi Program Keluarga Berencana Bagi Tenaga Penggerak Desa / Kelurahan se- Jawa Barat untuk wilayah Priangan Timur di hotel Padjadjaran, Kamis ( 7/4 ). Acara yang diikuti oleh 169 orang peserta Tenaga Penggerak Desa yang berasal dari wilayah Priangan Timur tersebut juga dihadiri oleh Kepala BKKBN Jawa Barat Drs. H. Rukman Heryana, MM, Kepala BPMKB Kabupaten Tasikmalaya  Hj. Nia Kurniati, SH, M.Si, Perwakilan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kota se-Priangan Timur, Para pelatih/Fasilitator Tanaga Penggerak Desa / Kelurahan dari Provinsi Jawa Barat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya  Bupati Tasikmalaya H. U. Ruzhanul Ulum, SE yang dibacakan oleh Asisten perekonomian dan pembangunan Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Adang Karyaman Mengatakan, pelaksanaan program KB di Kabupaten Tasikmalaya menunjukan perkembangan yang berarti. Secara kuantitatif keberhasilan program KB di Kabupaten Tasikmalaya dapat dilihat dari penurunan TFR ( Total Fertility Rate / rata-rata wanita usia subur melahirkan)  dan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP). Hal ini menjadi salah satu indikator penting bagi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM), karena berapapun tingginya dari tiga unsur utama IPM selama masalah kependudukan tigak bisa dikendalikan hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Upaya untuk mencegah terjadinya peledakan penduduk di Kabupaten Tasikmalaya adalah antara lain dengan penanggulangan penduduk usia muda ( Usia 14-24 Tahun) dengan  melalui pendewasaan usia perkawinan, dan untuk penduduk usia produktif lainnya ( Usia 25-65 tahun) melalui program pengaturan kelahiran. Kedua program tersebut sangat strategis karena berimplikasi kepada upaya penurunan angka kematian bayi dan anak serta penurunan kematian ibu hamil.

Selanjutnya dalam rangka intensifikasi dan extensifikasi program KB di Kabupaten Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya telah mengembangkan Program Gerbang Desa, salah satu kegiatannya adalah melaksanakan pelayanan langsung kepada masyarakat ( Termasuk pelayanan KB ) setiap kali kunjungan Bupati ke daerah, kegiatan ini pula dipadukan dengan kegiatan Bhakti IBI tahun 2011.

Sementara itu dalam laporanya ketua pelaksana Orientasi Program Keluarga Berencana Bagi Tenaga Penggerak Desa / Kelurahan se- Jawa Barat Rena Siti Maryana mengatakan salah satu permasalahan pelaksanaan program KB di Jawa Barat adalah menurunnya jumlah petugas lapangan KB yang merupakan ujung tombak dalam penggerakan program kependudukan dan KB lini lapangan. Berkaitan dengan masalah tersebut Gubernur Jawa Barat yang telah memberikan bantuan lewat dana APBD berupa dana Operasional Tenaga Penggerak Desa  sehingga pada tahun 2010 kontrak Kinerja Program KB provinsi Jawa Barat bisa melebihi target yang ditentukan.Ucapan terima kasih disampaikan panitia kepada kepada Kepala PMKB Kabupaten Tasikmalaya yang telah menyediakan tempat pelaksanaan  Orientasi Program Keluarga Berencana Bagi Tenaga Penggerak Desa / Kelurahan se- Jawa Barat. Adapun yang menjadi dasar kegiatan adalah pengangkatan 605 orang Tenaga Penggerak Desa/Kelurahan baru tahun 2011 sesuai keputusan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Barat Nomor 527/KT.201/H.1/2011 tentang tenaga Penggerak Desa/Kelurahan. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan menjelaskan strategi operasional program kependudukan dan KB Jawa Barat tahun 2011 serta pedoman bagi petugas lini lapangan KB dalam melakukan penggerakan program kependudukan dan KB di wilayah kerjanya untuk mempercepat pencapaian sasaran program kependudukan dan KB di Jawa Barat.

Pada Bagian akhir acara   Kepala BKKBN Jawa Barat Drs. H. Rukman Heryana, MM berkesempatan membuka secara resmi Kegiatan Orientasi Program Keluarga Berencana Bagi Tenaga Penggerak Desa / Kelurahan se- Jawa Barat untuk wilayah Priangan Timur dilanjutkan oleh pengarahan kepada seluruh peserta yang hadir. (Yas)



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: